MASIGNCLEAN103

Kata Ucapan Sehari - Hari Bahasa Arab

Pada postingan ini, kami akan share kepada pembaca beberapa ungkapan sehari-hari dalam bahasa Arab yang menurut kami sering dipakai oleh setiap orang. Oke langsung saja ya teman-teman!.


Ungkapan Sehari-hari (اْلمُصْطَلَحَاتُ اْلمُتَادَوِلَة)


ِصَارَ أَحْمَدُ عُرْضَةً لِلإِحْتِقَار
Ahmad menjadi ajang pelecehan

ْسَأَتَوَلىَّ اْلأَمْرَ بِنَفْسِي
Akan saya urus sendiri masalahnya:

ِسَأَلْبَسُ الثِّيَابِ فِيْ اْلعَجَل
Aku akan segera berpakaian

ْلَسْتُ مِنْهَا وَلَنْ أَكُن
Aku bukan dari golongan dan tidak pernah ikut:

َلاَ أَتَحَمَّلُ عَلَى انْتِظَارِك 
Aku tidak sanggup menunggumu

ِلاَ أُقْصِدُ مِنْهُ إِلاَّ اْلمِزَاح
Aku hanya bercanda

أَنَا اْلآنَ كَمَا كُنْتُ فِيْ اْلمَاضِي
Aku masih seperti yang dulu

َّجَفَّفْتُ الِّلبَاسَ يَوْمًا كَامِلاً وَلَمْ يَجِف
Aku menjemur pakaian sehari penuh tapi gak kering juga

ُشَغَلَنِيْ هَذَا اْلأَمْر
Aku sibuk dengan urusan ini

ِمَعَ الْأَسَفِ قَدْ وَقَعْتُ فِيْ مَحَبَّتِك
Aku terlanjur mencintaimu

ِمَاعِنْدِيْ شَهِيَّةٌ فِيْ اْلأَكْل
Aku tidak selera makan :

َلاَ أُحِبُّ اْلمُجَامَلَة
Aku tidak suka basa- basi

إِلَيْكَ هَذَا
Ambil ini

َمَاهِيَ الْأَخْبَارُ اْلحَدِيْثَةُ اْليَوْم
Apa berita hangat hari ini

مُمْكِنٌ أَنْ أَسْتَعِيْرُ مِنْكَ اْلقَلَمَ؟
Apa boleh saya meminjam pulpenmu ?

ُكَمَا تَزْرَعُ تَحْصُد
Apa yang kamu tanam akan kamu tuwai

مَاذَا حَدَثَ ؟ / مَاذَا وَقَعَ؟
Apa yang terjadi ?

هَلْ مِنْ جَدِيْدٍ ؟
Apakah ada hal yang baru ?

ٍهَلْ لَقِيْتَ بِمُحَمَّد
Apakah kamu bertemu muhammad:

ِأَرَاغِبٌ أَنْتَ فِيْ مُوَاصَلَةِ الدِّرَاسِيَّة
Apakah kamu ingin melanjutkan sekolah ?

ْهَلْ تَرْغَبُ فِيْ الذِّهَابِ مَعِي
Apakah kamu ingin pergi dengan mu ?

أَتَأْخُذُ بِنَصِيْحَتِيْ ؟
Apakah kamu mau mengikuti nasehat ku?

هَلْ لَكَ قَلَمٌ آخَرٌ؟
Apakah kamu punya pulpen yang lain ?

كَيْفَ حَصَلَ ذَلِكَ؟
Bagaimana itu terjadi ?

ٍكَيْفَ تَجُفُّ اْلمَلاَبِسُ وَالسَّمَاءُ ذَاتُ غَيْم
Bagaimana bisa kering sementara cuaca mendung

ْلَيْسَتْ مُشْكِلَةً بِاالنِّسْبَةِ لِي
Bagiku tidak ada masalah

جَنْبًا لِجَنْبٍ
Bahu membahu

ِلاَ بَأْسَ فِيْه
Baik- baik saja
َهَذَا اْلقَمِيْصُ كَبِيْرٌ عَلَيْك
Baju ini kebesaran untuk ku

َهَذَا اْلقَمِيْصُ لاَ يُنَاسِبُك
Baju ini tidak cocok untukmu

ُاْلمَبْنَى اْلمُؤَقَّت
Bangunan sementara:

ِقُوْمِيْ عَلَى خِدْمَةٍ أُخْتُكَ اْلمَرِيْضَة
Bantulah temanmu yang sedang sakit

َكَثِيْرٌ مِنَ النَّاسِ يَضْحَكُوْنَ عَلَيْك
Banyak orang mentertawaimu

ٍقَبْلَ قَلِيْل
Barusan saja

َخُذْ مَعَكَ هَذِهِ اْلحَقِيْبَة
Bawa kesana tas ini !

َالدِّرَاسَةُ لاَ يَأْبَهَا اْلعُمْر
Belajar tidak mengenal usia

َعَلاَوَةً عَلَى ذَلِك
Berdasarkan atas itu

ًتَعَجَّلْ! سَيَنْذِلُ اْلمَطَرُ عَاجِلا
Bergegaslah, hujan akan segera turun

ِاِنْغَمَسَ فِيْ الذَّنْب
Bergelimang dalam dosa

ِإِنَّهُ سَمِيْنُ اْلجِسْمِ مَهْزُوْلُ اْلعِلْم
Besar badan tapi bodoh

ِإِنَّهُ سَمِيْنُ اْلجِسْمِ مَهْزُوْلُ اْلعَقْل
Besar badan tapi idiot

َهَلْ أَسْتَذْكِرُ الدُّرُوْسَ مَعَك
Bisa saya mengulangi pelajaran bersama kamu

لَيْسَ غَرِيْبًا أَنْ يُخَالِطَ هَذَا الرَّجُلُ الْأَشْرَارَ، فَإنَّ الطُّيُوْرَ عَلَى أَشْكَالِهَا تَقَعُ
Bukanlah aneh orang ini bergaul dengan orang-orang jahat, karena orang selalu bergaul dengan orang segolongannya.

Demikianlah artikel tentang Ungkapan Sehari-hari dalam Bahasa Arab, Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan, teman-teman dapat meninggalkan komentar pada kolom komentar di bawah. Terima kasih atas kunjungannya. Jazaakumullahu khairan.
Share This :