MASIGNCLEAN103

Bahasa Arab Tentang Bertanya Alamat

Pada kesempatan ini hiwar.top akan menyajikan percakapan sederhana untuk menanyakan tempat dalam bahasa Arab. Tujuannya adalah agar dapat digunakan untuk menanyakan sebuah tempat yang hendak  kita kunjungi atau tinggali saat sedang berada di negara-negara Arab, misalnya Negara Mesir.

Menanyakan Tempat dalam Bahasa Arab

Jika kita bertingkah laku sopan dan tidak mencurigakan, in syaa Allah orang-orang mesir akan merespon segala bentuk pertanyaan yang kita ajukan, baik mereka paham atau tidak. Ketika menunjukkan arah sebuah tempat, biasanya mereka menggunakan isyarat tangan, atau menggelengkan kepala sebagai isyarat tidak tahu.

Nah! Agar mereka  tidak susah payah menggunakan bahasa isyarat saat berkomunikasi dengan kita, maka kita harus semangat 45 untuk menghafal percakapan berikut ini. Hehehe. Oke, ayo menghafal!

Menanyakan Tempat (اْلمَكَانُ)


[ أَيْنَ + اِسْمُ اْلمَكَانِ ]

أَيْنَ اْلمُسْتَشْفَى "زَيْنَ اْلعَابِدِيْنَ"؟
Dimana rumah sakit Zainal Abidin?

أَيْنَ اْلفُنْدُوْقُ "فِرْمَاتَا"؟
Dimana letak hotel permata?


[ أَيْنَ يَقَعُ / تَقَعُ + سْمُ اْلمَكَانِ ]

أَيْنَ تَقَعُ مَدْرَسَتُكَ؟
Dimana letak sekolahmu?


[ فِيْ أَيِّ شَارِعٍ + اِسْمُ اْلمَكَانِ؟ ]
فِيْ أَيِّ شَارِعٍ اْلمَطْعَمُ فَادَنْجْ؟
Rumah makan padang di jalan apa?


[ فِيْ شَارِع...رَقْمُ ]

فِيْ شَارِع سُوْدِرْمَانْ رقْمُ. 6
Di jalan Sudirman, no. 6.

أِتَّبِعْنِيْ سَأُرْشِدُكَ الطَّرِيْقَ إِلَيْهِ
Ikuti saya, kutunjukkan jalan menuju ke sana!

هَيَّا بِنَا، سَأَدُلُّكَ الطَّرِيْقَ
Mari, kutunjukkan jalan menuju ke sana.
PENGAYAAN
صَيْدَلِيَّةٌ (Apotik) - مَطَارٌ (Bandara) - مَلْجَأٌ (Bangker) - وَرْشَةٌ (Bengkel) - قَرْيَةٌ (Desa) - زُقَاقٌ (Gang) - مَسْجِدٌ (Mesjid) - كَنِيْسَةٌ (Gereja) - مَوْقِفُ السَّيَّارَاتِ (Halte) - مَقْصَفٌ (Kantin) - بُسْتَانٌ / حَدِيْقَةٌ (Kebun) - حَدِيْقَةُ اْلحَيَوَانَاتِ (Kebun binatang) - بِقَالَةٌ (Kedai grosir) - حَيٌّ (Komplek) - مَدِيْنَةٌ (Kota) - مِيْدَانٌ (Lapangan) - مَتْحَفٌ (Mesium) - مَصْنَعٌ (Pabrik) - مِيْنَاءٌ (Pelabuhan) - سِجْنٌ (Penjara) - مُجَمِّعٌ سَكَنِيٌّ (Perumahan) - مَحَطَّةُ اْلبَنْزِيْنَ (Pom bensin) - مَرْكَزُ اْلمَطَافِيْ (Pos pamadam kebakaran) - مَرْكَزُ الشُّرْطَةِ (Pos polisi) - سُوْقٌ مَرْكَزِيٌّ (Pusat pasar/swalayan) - قُطْبَانٌ (Rel kereta api) - مَحَطَّةُ اْلقِطَارِ (Stasiun kereta api) - جَامِعَةٌ (Universitas).Penutup
Demikianlah artikel tentang Menanyakan Tempat dalam Bahasa Arab, jangan lupa dihafal dan dipraktekkan ya teman-teman. jangan lupa klik tombol share agar yang lain juga bisa belajar bahasa Arab di sini. Salam!
Share This :