MASIGNCLEAN103

Bahasa Arab Percakapan Tema Transportasi

Transportasi sudah menjadi suatu kebutuhan bagi manusia zaman sekarang. Transportasi adalah perpindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari, karena transportasi dapat mempercepat kita dalam menjangkau tempat-tempat yang jauh tanpa banyak menyita waktu.
Percakapan Bahasa Arab tentang Transportasi
Image source: www.dentons.com

Di negara maju, orang-orang biasanya menggunakan kereta bawah tanah (subway) dan taksi. Penduduk di sana jarang yang memiliki kendaraan pribadi karena sebagian besar dari mereka menggunakan angkutan umum sebagai transportasi. Transportasi sendiri dibagi 3 yaitu, transportasi darat, laut, dan udara

Sedangkan di Mesir, ada beberapa sarana transportasi Seperti bus dan mobil sejenis L-300, yang mereka sebut مِكْرُوْبَاص dan kereta api menjadi transportasi utama. Selain itu, juga terdapat mikro bawah tanah.

Transportasi (وَسَائِلُ اْلمُوَاصَلَاتِ)

Bertanya tentang jenis transportasi

[ أَيُّ + اِسْمٌ + اِسْمُ الإِشَارَةِ ]

أَيُّ اْلمَرْكَبِ هَذَا؟
Ini kendaraan apa?

هَذَا اْلمَرْكَبُ اْلخُصُوْصِيُّ
Ini kendaraan khusus.

[ أَيُّ + اِسْمٌ + فِعْلٌ ]

أَيُّ اْلمَرْكَبِ الَّذِيْ سَنَرْكَبُهُ؟
Kendaraan apa yang akan kita naiki?

سَنَرْكُبُ اْلحَافِلَةَ
Kita akan naik bus.

[ مَاذَا + فَاعِلٌ + فِعْلٌ ]

مَاذَ نَحْنُ نَرْكُبُ؟
Kita akan naik apa?

نَرْكُبُ اْلقِطَارَ
Kita akan naik kereta.

[ وَصَلْنَا إِلَى + اِسْمٌ ]

وَصَلْنَا إِلَى جَامِعَةِ الاَزْهَارِ
Antarkan sampai universitas Al-Alzhar!

[ قِفْ + ظَرْفٌ مَكَانٌ + اِسْمٌ ]

قِفْ هُنَا يَا سَائِقُ
Berhenti disini pak sopir!
PENGAYAAN
Mobil (سَيَّارَةٌ جـ سَيَّارَات) - Motor (دَرَّاجَةٌ نَارِيَّة) - Sepeda (دَرَّاجَةٌ هَوَائِيَّة) - Pesawat (طَائِرَةٌ) - Pesawat Tempur (طَائِرَةٌ حَرْبِيَّة) - Kapal laut ( ٌسَفِيْنَةٌ جـ سُفُن) - Kapal Selam (غَوَّاصَةٌ جـ غَوَّاصَات) - Perahu (مَرْكَبٌ جـ مَرَاكِب) - Kereta api (قِطَارٌ جـ قِطَارَات) - Bus (حَافِلَةٌ جـ حَافِلَات) - Truk (شَاحِنَةٌ جـ شَاحِنَات) - Tank (دَبَّابَةٌ جـ دَبَّابَات) - Taksi (سَيَّارَةُ الأُجْرَة) - Ambulan (سَيَّارَةُ الإِسْعَاف) - Transportasi Darat (مُوَاصَلَاتٌ بَرِّيَّة) - Transportasi Udara (مُوَاصَلَاتٌ جَوِّيَّة) - Transportasi Laut (مُوَاصَلَاتٌ بَحْرِيَّة ).Penutup
Demikianlah percakapan bahasa Arab tentang Transportasi, jangan lupa dihafal dan dipraktekkan ya teman-teman. Dan jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa dishare agar teman-teman kita yang lain juga bisa belajar bahasa Arab di sini. Salam!
Share This :