MASIGNCLEAN103

Bahasa Arab Tentang Permintaan

Hiwar - Meminta bantuan, meminta izin, serta meminta pengulangan dalam sebuah percakapan merupakan ungkapan yang setiap hari digunakan oleh setiap kalangan masyrakat, untuk itu, bagi teman-teman yang ingin belajar bahasa Arab juga perlu menghafal ungkapan-ungkapan yang berkaitan dengan ketiganya.

Minta Izin (الإِسْتِعْذَارُ)

اِسْمَحْ لِيْ بِالرُّجُوْعِ #
Izinkan aku pulang!

اِسْمَحْ لِيْ لِمُشَاهَدَةِ التِّلِيْفِزِيُّوْنَ #
Izinkan aku nonton TV

اِسْمَحْ لِيْ لِزِيَارَتِكَ #
Perkenankan aku mengunjungimu

نَعَمْ، تَفَضَّلْ *
Iya silahkan!

Bahasa Arab Meminta Izin, Meminta Bantuan dan Meminta Pengulangan

أَتَسْمَحُ لِيْ بِاْلجُلُوْسِ بِجَانِبِكَ؟ #
Apa aku boleh duduk didekatmu?

أَتَسْمَحُ لِيْ بِزِيَارَتِكَ؟ #
Apa aku boleh mengunjungimu?

أَتَسْمَحُ لِيْ بِالرُّجُوْعِ؟ #Apa kamu mengizinkanku pulang?

نَعَمْ، تَفَضَّلْ *
Iya, silahkan

هَلْ تَسْمَحُ لِيْ بِاْلجُلُوْسِ هُنَا؟ #
Boleh aku duduk disini?

نَعَمْ، تَفَضَّلْ *
Iya, silahkan

هَلْ تَسْمَحُ لِيْ بِسُؤَالٍ وَاحِدٍ #Bolehkah aku bertanya satu Pertanyaan?

بِكُلِّ سُرُوْرٍ *
Dengan senang hati

عَنْ إِذْنِكَ يَا أُسْتَاذُ #Pak saya mohon pamit dulu.

مَعَ السَّلَامَةِ *
Ya, sampai ketemu lagi

أَتَأْذَنُ لِيْ بِزِيَارَتِكَ هَذَا الصَّبَاحَ؟ #
Bolehkah saya mengunjungimu pagi ini?

تَفَضَّلْ *
Silahkan
Minta Bantuan/Pertolongan (الإِسْتِعَانَةُ)

مِنْ فَضْلِكَ، خُذْلِيْ اْلقَامُوْسَ
Ambilkan kamus

مِنْ فَضْلِكَ، تَوَسَّعْ قَلِيْلاً
Tolong geser sedikit

اَحْضِرْلِيْ الصَّابُوْنَ، ِمنْ فَضْلِكَ
Tolong ambilkan sabun

لَوْ سَمَحْتَ، اَصْلِحْ غَلْطَتِيْ
Tolong benarkan kesalahanku

لَوْ سَمَحْتَ، اَعْطِنِيْ اْلفُرْصَةَ
Tolong beri aku kesempatan

هَاتِ لِيْ مِثَالاً، لَوْ سَمَحْتُ
Maaf, tolong berikan contohnya

تَفَضَّلْ اُكْتُبْ هَذِهِ الرِّسَالَةِ فَضْلًا لَا أَمْرًا
Tolong tuliskan surat ini

يَاَلْلفَلاَّحِ لِاْبِنكَ
Wahai pak petani, tolonglah anak mu

يَالَلْأَقْوِيَاءِ لِلضُّعَفَاءِ
Hai orang kuat, tolonglah mereka yang lemah.

يَالَلْأُسْتَاذِ لِيْ
Pak guru tolong saya

يَا قَوْمًا لِلْمَظْلُوْمِ
Hai kaum, tolong lah mereka yang terzalimi

يَا قَوْمُ لِلْمَظْلُوْمِ
Hai kaum (masyarakat), tolong lah mereka yang terzalimi

Minta Pengulangan (الإِسْتِكْرَارُ)

اِرْفَعْ صَوْتَكَ أَنَا لاَأَسْمَعُ كَلَامَكَ جَيِّدًا
Keraskan suaramu, saya tidak dengar!

أَرْجُوْ أَنْ تَعِدَ كَلاَمَكَ مَرَّةً أُخْرَى / مَرَّةً ثَانِيَةً
Tolong ulangi lagi ucapanmu

Bahasa Arab Meminta Izin, Meminta Bantuan dan Meminta Pengulangan

أَعِدْ مَرَّةً أُخْرَى
Ulangi lagi

كَرِّرْ مَرَّةً أُخْرَى
Ulangi lagi

لَوْ سَمَحْتَ أَنْ تُكَرِّرَ كَلَامَكَ مَرَّةً أُخْرَى
Mohon diulangi lagi ucapanmu

مَاذَا؟
Apa?

آسِفْ، مَا قُلْتَ؟
Maaf, apa tadi?

عَمَّاذَا سَأَلْتَنِيْ آنِفًا؟
Tadi kamu tanya apa?

Terimakasih telah membaca artikel Bahasa Arab Meminta Izin, Meminta Bantuan dan Meminta Pengulangan, semoga bermanfaat untuk menambah pembendaharaan kosakata teman-teman.


Sumber: Laa Taskut - Panduan Praktis Percakapan Bahasa Arab
Share This :