MASIGNCLEAN103

Bahasa Arab Percakapan Tema Restoran

Cafe merupakan sarana yang tidak bisa lepas dari kehidupan orang-orang Mesir. Disana, cafe bertebaran disetiap sudut jalan. Cafe diganderungi oleh hampir seluruh kalangan, baik masyarakat biasa maupun eksekutif. Bagi mereka, cafe adalah miniatur negara, beraneka permasalahan negara dibahas di cafe , mulai dari masalah politik, ekonomi, sosial dan budaya.
Percakapan Bahasa Arab di Restoran dan Cafe
Image source: www.avopix.com

Terdapat beberapa jenis roti yang menjadi makanan pokok di Mesir, diantaranya adalah 'ish, sejenis roti yang terbuat dari gandum. Fino (roti panjang), dan koshary (kue tradisional Mesir), roti-roti tersebut biasanya dijual di kaki lima, dan restoran, bahkan tiga jenis roti ini juga dibuat di rumah.

Restoran (اْلمَطْعَمُ) dan Cafe (اْلمَقْهَى)

أَيْنَ قَائِمَةُ الطَّعَامِ وَالإِسْعَارِ؟ #
Di mana daftar menu dan harganya?

!هَاهِيَ اْلقَائِمَةُ *
Ini dia!

!أَعْطِنِيْ قَائِمَةَ الطَّعَامِ وَالإِسْعَارِ #
Berikan daftar menu dan harga kepadaku!

!هَاهِيَ اْلقَائِمَةُ *
Ini dia

[......هَلْ لَدَيْكُمْ]
Anda punya menu...?

هَلْ لَدَيْكُمْ الدَّجَاجَةُ اْلمَقْلِيَّةُ؟ #
Anda punya menu ayam goreng?

هَلْ لَدَيْكُمْ الدَّجَاجَةُ اْلمَشْوِيَّةُ؟ #
Punya ayam goreng?

هَلْ لَدَيْكُمْ الخُبْزُ؟ #
Punya roti?

!نَعَمْ، لَدَيْنَا *
Iya, ada

!لا،َ مَا عِنْدَنَا *
Tidak, kami tidak punya

هَلْ يُبَاعُ هُنَا؟ #
Disini jual...?

هَلْ يُبَاعُ هُنَا اْلبِيْضُ اْلمُطَجَّنُ؟ #
Di sini ada jual telur mata sapi?

!نَعَمْ *
iya.

مَالإِدَامُ؟ #
lauknya apa?

بِأَيِّ مَرَقٍ؟ #
Kuahnya apa?

مَأ هُوَ وَجْبَتُنَا اْليَوْمَ؟ #
Menu hari ini apa?

Pada umumnya, orang Mesir makan sebanyak tiga kali sehari semalam. Yang beda cuma menu yang disajikan;  pada siang hari disajikan makanan berat seperti nasi, daging, ikan bakar, ayam bakar, tursyi dan sayur. Pada malam hari, mereka hanya mengkonsumsi sepotong roti dan segelas susu. Sedangkan di pagi hari, mereka menghidangkan kuah kacang (ful), tha'miyah (sejenis makanan daerah berbentuk cucur dibuat dari bahan dasar adonan tepung, segelas susu, seta teh "lipton" atau "arusah" manis.

Saat berpuasa, makan berat hanya dikunsumsi pada waktu berbuka saja, sementara saat sahur mereka hanya mengkonsumsi roti, ful, halawah (dipakai semacam selai), dan zabady (yogurt) atau segelas susu.

[...أَعْطِنِيْ]
Beri saya

!أَعْطِنِيْ صَحْنًا مِنَ الأَرُزِّ وَالسَّمَكِ اْلمُمَلِّحِ #
Beri saya sepiring nasi dan ikan asin

!أَعْطِنِيْ كَوْبًا مِنَ الشَّايِ #
Beri saya segelas teh

!أَعْطِنِيْ فِنْجَانًا مِنَ اْلقَهْوَةِ اْلمُلَبَّنَةِ #
Beri saya secangkir kopi susu!

[...هَاتِ]
Ambilkan

!هَاتِ اْلجُبْنَ وَالزُّبْدَةَ #
Ambilkan keju dan mentega!

هَاتِ وَجْبَةً مِنَ الأَرُزِّ
Ambilkan sebungkus nasi!

[...أَحْضِرْلِيْ]
Ambilkan saya

!أَحْضِرْلِيْ كُوْبَ الصُّوْدَا اْلمُثَلِّجْ #
Ambilkan saya segelas es soda!

!أَحْضِرْلِيْ عَصِيْرَ تُفَاحٍ #
Ambilkan saya jus apel

[...أُرِيْدُ]
Saya ingin

أُرِيْدُ الشَّايَ اْلفَاتِرَ #
Saya ingin teh hangat!

[...أَبْغِى]
Saya ingin

أَبْغِى عَصِيْرَ مَنْجُوْ
Saya ingin jus mangga.

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga dapat membantu Anda yang sedang membutuhkannya. Silahkan di-share agar bisa dipelajari oleh teman-teman kita yang lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!
Share This :