MASIGNCLEAN103

Bahasa Arab Percakapan Tema Pekerjaan

Pada artikel ini kami menuliskan percakapan bahasa Arab tentang "Profesi". Kenapa percakapan tentang profesi perlu Anda hafal? Karena pertanyaan tentang profesi merupakan salah satu poin yang sering ditanyakan saat perkenalan. Kami rasa alasan tersebut sudah cukup bagi Anda untuk serius menghafal percakapan ini. Apalagi kalau saat ini Anda sedang berkenalan dengan ukhti cantik atau akhi ganteng dari Arab hehe. Tidak diragukan lagi, artikel ini sangat cocok bagi Anda yang sedang atau akan belajar bahasa Arab.

Percakapan Bahasa Arab Tentang Profesi

Percakapan Bahasa Arab Tentang Profesi

Jenis Profesi

مَاذَا تَعْمَلُ؟ #
Apa yang kamu kerjakan?

 أَعْمَلُ مُدَرِّسًا *
Saya bekerja sebagai guru

مَنْ أَنْتَ؟ #
Apa profesimu?

أَنَا طَالِبٌ *
Saya seorang mahasiswa

مَنْ هِيَ؟ #
Apa profesi dia?

هِيَ رَاقِصَةٌ *
Dia seorang penari


Tugas Profesi

مَا يَعْمَلُ اْلفَلَّاحُ؟ #
Apa yang dikerjakan petani?

مَا عَمَلُ الطَّبِيْبِ؟ #
Apa tugas seorang dokter?

مَا وَظِيْفَةُ اْلجَزَّارِ؟ #
Apa tugas penjagal?

مَا شُغْلُ اْلخَيَّاطِ؟ #
Apa tugas penjahit?



Tempat Kerja

أَيْنَ تَعْمَلُ؟ #
Dimana Anda bekerja?

أَعْمَلُ فِيْ اْلإِدَارَةِ *
Saya bekerja di kantor

أَيْنَ يَعْمَلُ اْلفَلَّاحُ؟ #
Dimana petani bekerja

يَعْمَلُ فِيْ ْاْلمَزْرَعَةِ *
Dia bekerja di sawah
PENGAYAAN
رَئِيْسٌ الدَّوْلَةِ (Presiden ), سَفِيْرٌ (Duta Besar), وَزِيْرٌ (Menteri), مُمَرِّضٌ (Perawat laki-laki), مُمَرِّضَةٌ (Perawat perempuan), سَائِقٌ (Supir), تَاجِرٌ (Pedagang), صَيَّادٌ (Nelayan), شُرْطِيٌّ (Polisi), مُحَامي (Pengacara), مُمَثِّلٌ (Aktor), مُمَثِّلَةٌ (Aktris), مُحَاسِبٌ (Bendahara), سِكْرِتِيْرٌ (Sekretaris), بَوَّابٌ (Sekuriti), حَارِسٌ (Penjaga), خَادِمٌ (Pembantu), مُضِيْفَةٌ (Pramugari), خَيَّاطٌ (Tukang Jahit), طَيَّارٌ (Pilot), طَبَّاخٌ (Koki), جُنْدِيٌّ (Tentara), بَطَّالٌ (Pengangguran). Jika profesi Anda tidak tertera dalam percakapan dan tabel pengayaan di atas, maka sudah pasti Anda akan penasaran dan ingin segera mengetahui nama pekerjaan Anda dalam bahasa Arab. Untuk menghilangkan rasa penasaran, Anda harus mencari sendiri atau bertanya langsung kepada guru bahasa Arab Anda, atau tanyakan langsung kepada kami melalui kolom komentar di bawah.

Dan jika profesi Anda sudah tersedia di artikel ini, apa Anda masih perlu menghafal kosakata tentang profesi lain? Perlu, sebaiknya Anda menghafal kosakata-kosakata lain tentang profesi guna menambah perbendaharaan kosakata. Karena Anda pasti akan berjumpa dengan orang-orang yang profesinya beranekaragam.

Apabila sudah hafal, Anda hanya perlu memasukkan kosakata tersebut ke dalam percakapan di atas. Misalkan kosakata yang baru Anda hafal adalah المُحَاضِرُ (penceramah), maka tinggal diganti kata اْلفَلَّاحُ yang ada dalam percakapan menjadi المُحَاضِرُ, begitu juga dengan jenis-jenis profesi lain.

Demikianlah artikel yang berjudul Percakapan Bahasa Arab tentang Profesi, semoga artikel ini bisa menambah perbendaharaan kosakata serta meningkatkan kemampuan anda dalam berinteraksi dengan bahasa arab bersama teman-teman atau dengan akhi ganteng dan ukhti cantik asal timur tengah hehe. Sampai jumpa pada artikel berikutnya, salam!


Sumber: Laa Taskut - Panduan Praktis Percakapan Bahasa Arab
Share This :