MASIGNCLEAN103

Bahasa Arab Percakapan Tema Jam

Pada artikel ini kami akan menyajikan percakapan bahasa Arab tentang jam. Percakapan ini kami anggap penting karena dalam kehidupan sehari-hari pasti kita bertanya tentang waktu atau jam kepada orang lain, baik saat berbincang dengan sahabat maupun saat meeting dan pertemuan-pertemuan penting lainnya. oleh karena itu, percakapan ini sangat dianjurkan untuk dipelajari dan dihafal oleh teman-teman yang sedang belajar bahasa Arab.

Percakapan Bahasa Arab Tentang Jam

Karena membuat artikel tentang waktu saya jadi teringat sebuah kata bijak "الوَقْتُ أَثْمَنُ مِنَ الذَّهَبِ" waktu itu lebih berharga daripada emas.  Waktu memang sangat berharga dalam kehidupan kita, karena itu mari manfaatkan waktu kita dengan hal-hal yang bermanfaat sesuai dengan perintah Allah dan Rasul-Nya. Jika tidak, waktu kita akan sia-sia, dan akan merusak kebahagiaan dimasa depan.

Oh iya, Waktu tidak akan dapat terulang teman-teman, oleh karena itu, mumpung teman-teman lagi baca artikel ini, kita manfaatkan saja waktu untuk menghafal percakapan tentang waktu. Hehe

Percakapan Bahasa Arab Tentang Jam

Menanyakan Waktu


كَمِ السَّاعَةُ اْلآنَ؟
Sekarang jam berapa?
اْلآنَ السَّاعَةُ الثَّالِثَةُ تَمَامًا
Sekarang jam tiga tepat.

أَيَّةُ سَاعَةٍ الآنَ؟
Jam berapa sekarang?

الآنَ السَّاعَةُ السَّادِسَةُ وَالنِّصْفُ \ مُنْتَصَفُ السَّابِعَةِ
Sekarang jam setengah tujuh.

فِي أَيَّةِ سَاعَةٍ سَتَرْجِعُ؟
Pada jam berapa kamu akan pulang?

سَأَرْجِعُ فِيْ السَّاعَةِ الثَّانِيَّةِ عَشْرَةَ إِلاَّ الرُّبْعِ
Saya akan pulang pada jam 11.45 / jam 12 kurang 15 menit.

مَتَى تَذْهَبُ إِلَى السُّوْقِ؟
Kapan kamu pergi ke pasar?

أَذْهَبُ إِلَى السُّوْقِ فِيْ السَّاعَةِ التَّاسِعَةِ وَثَلَاثَ عَشْرَةَ دَقِيْقَةً
Saya pergi ke pasar pada pukul 09.13.
PENGAYAAN
السَّاعَةُ اْلوَاحِدَةُ (jam satu), السَّاعَةُ الثَّانِيَةُ (jam dua), السَّاعَةُ لثَّالِثَةُ (jam tiga), السّاعَةُ الرَّابِعَةُ (jam empat), السَّاعَةُ اْلخَامِسَةُ (jam lima), السَّاعَةُ السَّادِسَةُ (jam enam), السَّاعَةُ السَّابِعَةُ (jam tujuh), السَّاعَةُ الثَّامِنَةُ (jam delapan), السَّاعَةُ التَّاسِعَةُ (jam sembilan), السَّاعَةُ اْلعَاشِرَةُ (jam sembilan), السَّاعَةُ اْلحَادِيَةَ عَشَرَةَ (jam sebelas), السَّاعَةُ الثَّانِيَةَ عَشْرَةَ (jam dua belas), تَمَامًا (tepat), النِّصْفُ \ مُنْتَصَفُ (setengah jam/30 menit), الرُّبُعُ (lima belas menit), وَ (lebih/lewat), إِلاَّ (kurang), دَقِيْقَةً (satu menit), دَقِيْقَتَيْنِ (dua menit), 3-10 ditambah دَقَائِقَ; contoh خَمْسُ دَقَائِقَ (lima menit), 11 menit ke atas ditambah دَقِيْقَةَ; contoh: اِحْدَى عَشَرَةَ دَقِيْقَةً.
Demikian Percakapan Bahasa Arab Tentang Jam, semoga bermanfaat dan jangan lupa dipraktikkan ketika anda berbicara bahasa Arab dengan teman-teman ya?. Sampai berjuma kembali pada artikel selanjutnya!


Sumber: Laa Taskut - Panduan Praktis Percakapan Bahasa Arab
Share This :